Rabu, 03 September 2014

Hantu Kelaparan


Seperti biasa, ketika nenek ulang tahun selalu ada acara selamatan disalah satu rumah sanak keluarga dan kebetulan tahun ini perayaan ulang tahun nenek diadakan di rumah paman yang berjarak 1 jam dari rumah kami. Menurut saya perayaan ulang tahun nenek kali ini adalah sesuatu yang tidak biasa karena bertepatan dengan penanggalan china, yaitu tanggal 7 dan bulan 7 yang dikenal kaum chinese diseluruh dunia dengan sebutan Hungry Ghost Day atau Chit Gwe Poa ( dalam bahasa teochew/hokkian).

Hari tersebut adalah hari menurut kepercayaan chinese dimana pintu neraka dibuka dan keluarnya hantu-hantu kelaparan yang mencari makan atau pakaian, oleh karena itu tidak heran jika pada malam hari sebelum Hungry Ghost Day atau Chit Gwe poa tiba dan jika kita berwisata kearea China Town, dapat dijumpai hampir disepanjang pinggiran jalanan terdapat banyak sekali orang-orang  yang membakar baju, celana yang terbuat dari kertas bahkan mobil yang terbuat dari kertas, serta makanan-makanan seperti nasi kuchai yang diisi kedalam mangkuk kecil dan diatasnya ditusuk sepasang sumpit, yang berarti makanan untuk kaum hantu.

Hari itu menjadi saat yang tidak akan terlupakan untuk saya, yaitu bermula ketika dalam perjalanan pulang kerumah bersama papa dan mama karena acara telah usai. Waktu itu dalam perjalanan pulang disepanjang jalan saya melihat banyak sekali orang-orang yang membakar pakaian kertas dan menyediakan makanan, tiba-tiba papa yang sedang menyetir berhenti disalah satu toko obat china, papa dan mama pun turun untuk membeli liang teh. Aku yang sendiri didalam mobil sebenarnya merasakan sesuatu yang tidak beres, seperti merasa agak merinding dan mencium aroma yang busuk. Merasa risih, saya pun mencari sumber bau dan ketika saya melihat kearah seberang jalan melalui jendela mobil, kaget bukan main.

Ternyata saya melihat sebuah pemandangan yang tidak biasa, semua makanan yang tadinya disajikan oleh orang- orang, sekarang telah disantap rakus oleh sosok yang sungguh membuat saya merinding. Bukan satu ataupun dua sosok, melainkan puluhan sosok yang saya lihat waktu itu. Wajah sosok-sosok tersebut sungguh menakutkan dengan wajah tercabik cabik, tubuh penuh luka dan darah seperti usai mendapat siksaan yang berat. cara  mereka berjalan pun tidak biasa, mereka tampak merangkak, suasana sungguh tampak mencekam. Melihat pemandangan yang membuat bulu kuduk merinding tersebut sontak tubuh pun kaku dan dingin, tiba-tiba dari kiri dan kanan terdengar suara bisikan "Dimana Makanan Saya, LAPAR, LAPAR,LAPAR".

Lanjut ke :
Hantu Kopak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar